Article Detail

Pembelajaran Berbasis Riset KB - TK Tarakanita 3

PBR di dalam kelas TK memang dilakukan sangat sederhana sesuai dengan kemampuan berpikir anak usia dini. Yang  terpenting dalam PBR ini adalah keterlibatan anak dalam melakukan percobaan, sehingga anak mengalami langsung, merasakan, dan dapat menceritakan pengalamannya selama melakukan percobaan itu.

Seperti yang terjadi di salah satu kelas kelompok B, anak – anak melakukan percobaan tentang benda terapung dan tenggelam. Media yang digunakan juga sangat sederhana yaitu benda – benda yang terlihat oleh anak pada umumnya seperti, sendok, garpu, batu, gunting, uang logam, balon, pensil, kayu, plastik dan telur. Tujuannya adalah agar anak – anak mengenal benda tersebut dan mampu memahami benda apa saja yang data terapung ataupun tenggelam.

Guru menyiapkan tiga toples besar yang sudah diisi dengan air, lalu anak anak secara bergantian melakukan percobaan itu. Mereka memasukkan benda tersebut dan mengamati benda apa yang terapung dan yang tenggelam. Setelah itu anak anak dapat menceritakan kepada guru benda yang terapung dan benda yang tenggelam, dengan mengerjakan lembar tugas dengan cara memberi warna berbeda pada benda terapung dan tenggelam, lalu anak juga diajak untuk menuliskan gambar bendanya dengan melihat contoh tulisan guru. Masih banyak kegiatan PBR yang dapat dikembangkan di TK, dan kami guru – guru juga akan terus belajar dalam memberikan materi PBR bagi anak TK.

Semoga dengan kegiatan PBR ini, dapat melatih anak – anak sehingga menjadi seorang peneliti cilik yang handal dan patut dibangggakan

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment