Article Detail

Kegiatan Sains Kelompok B KB-TK Tarakanita 3 Asyik Bermain Air

Mempelajari sesuatu  dengan mendatangi sumbernya terutama bagi siswa PAUD, membuat proses belajar akan berlangsung lebih menyenangkan, begitu juga sebaliknya anak dapat merasakan langsung, merupakan pengalaman yang terlupakan bagi anak. Pengembangan  Kurikulum  pada Taman Kanak-kanak diberikan berdasarkan tema-tema tertentu. Sains  diadakan  mengacu  pada salah satu tema yang ada. Sehingga anak akan lebih mengerti serta memahami apa yang dipelajari di kelas

 Pada kegiatan tema ”Air”, anak TK diajak bermain Air dengan cara mengisi air ke dalam wadah bentuk botol, gelas, cangkir, mangkok, yang telah disediakan oleh guru. Anak mengisi botol plastik dengan air menggunakan alat bantu gelas aqua lalu mencoba mengisi dengan cangkir dan mangkok. Anak menemukan adanya perbedaan banyaknya ukuran isi air dengan masing-masing alat tersebut.

Anak juga belajar tentang sifat air, saat air diisikan ke dalam botol bentuk air seperti botol, begitu juga saat air dimasukan ke dalam cangkir bentuk seperti cangkir, juga pada saat dimasukan ke dalam gelas dan cangkir bentuk mengikuti tempatnya. Anak TK antusias dan bersemangat saat melakukan percobaan terssebut.

Sampai di dalam kelas, anak satu persatu meceritakan pengalamannya setelah bermain air. Mereka sangat bersemangat saat menyampaikan pengalamannya, cerita tidak berhenti hanya sampai di sekolah tetapi di rumah pun mereka melanjutkan cerita pada anggota keluarga. Bermain memang air menyenangkan.





Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment